Pages

Monday, December 17, 2012

Mana yang Lebih Baik? Kritik atau Pujian???

Seorang pegawai Bank baru saja dimutasi dari kantor pusat ke kantor cabang di sebuah kota kecil. Suatu hari, anaknya sakit sehingga ia harus membeli obat. Di kota kecil itu hanya ada satu apotek. Karena letaknya di kota kecil, apotek tersebut langsung dilayani oleh pemilikinya. Ketika ia membeli obat di sana, ia sangat kecewa dengan pelayanan dari pemilik apotek tersebut.
Kemudian ia mengeluh kepada atasannya mengenai pelayanan buruk yang ia alami di apotek itu. Ia meminta pada atasannya untuk menyampaikan kritiknya pada pemilik apotek agar kejadian itu tidak terulang lagi padanya maupun pelanggan lainnya.
Beberapa hari kemudian pegawai Bank itu harus kembali membeli obat di apotek itu. Setiba di apotek ia sangat terkejut dan heran. Pemilik apotek menyambutnya dengan senyum lebar sambil mengatakan betapa senangnya ia melihat pegawai Bank itu berkenan datang kembali ke apoteknya dan berharap ia beserta keluarganya menyukai kota mereka.
Bukan hanya itu, pemilik apotek itu bahkan menawarkan diri membantu pegawai itu menguruskan berbagai hal agar dia dan keluarganya dapat menetap di kota itu dengan nyaman. Setelah itu, ia pun mengirimkan apa yang dipesan pegawai itu dengan cepat dan baik.
Pegawai itu bingung sekaligus merasa senang dengan perubahan luar biasa yang ditunjukkan oleh pemilik apotek itu. Lalu, ia memberitahukan hal itu kepada atasannya dan berterima kasih, "Anda tentu sudah menyampaikan kritik saya mengenai betapa buruk pelayanannya waktu itu. Terima kasih banyak. Sekarang pelayanannya sudah jauh lebih baik. Saya sangat puas."
"Oh, tidak," jawab atasannya. "Sebenarnya saya tidak menyampaikan kritik Anda pada pemilik apotek itu. Saya harap Anda tidak keberatan. Saya mengatakan betapa Anda terkagum-kagum padanya karena dapat mendirikan apotek di kota kecil ini serta menjual obat-obatan yang lengkap. Dan Anda merasa apoteknya merupakan salah satu apotek dengan pelayanan terbaik yang pernah Anda temui."
Moral Cerita :
Terkadang kita senang memberi kritikan dibandingkan dengan pujian. Serta menganggap bahwa kritik yang kita berikan itu bersifat membangun. Namun, kita tidak menyadari bahwa terkadang kritik itu malah akan memperburuk keadaan. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menghadapi situasi. Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikanlah kritik dengan bijak serta jangan lupa untuk memberikan pujian yang menonjolkan kelebihan / keistimewaannya. 

No comments:

Post a Comment

please leave your comment...^^

Popular Posts