Pages

Tuesday, September 6, 2016

MENYELAMATKAN KEHIDUPAN BERARTI MENYELAMATKAN NYAWA SENDIRI

Sumber foto : http://stuffpoint.com/dogs/image/27087/four-dogs-in-a-grass-picture/
Dahulu kala, ada seorang tua baik hati bernama Chu Ping. Suatu hari dia pergi mengunjungi keluarganya. Di sana, keluarganya sedang menyeret keluar 4 ekor anak anjing. "Apa yang akan kau lakukan terhadap anak-anak anjing itu ?" Chu Ping bertanya. "Saya akan membuang mereka. Anjing kami melahirkan 4 ekor anak anjing, orang-orang berkata 4 ekor anak anjing dalam sekali persalinan adalah sial, jadi saya akan menyingkirkan mereka."

(Dalam bahasa Mandarin, angka 4/ si 四 , punya bunyi yang sama dengan kata mati/ si 死, sehingga masyarakat menganggap angka 4 adalah sial).

"Apakah kau mau memberikan mereka kepada saya?" Chu Ping kembali bertanya. "Itu kemauanmu. Silakan!" Maka Chu Ping menjadi pemilik 4 ekor anak anjing yang lincah. Dia rawat dengan baik dan tak lama mereka tumbuh menjadi 4 ekor anjing yang kuat dan sehat.
Suatu sore ketika Chu sedang duduk di rumah, ia mendengar suara seperti bisikan rumput di luar. Suara semakin mendekat dan semakin keras. Pertama-tama terdengar seperti bisikan, lalu semilir angin, kemudian terdengar seperti angin kencang yang bertiup melewati lembah!
Chu keluar menyelidiki, dan .... beberapa langkah dari pintu, ada seekor ular python besar! Tubuhnya seukuran roda.
Ia melihat sekeliling dengan ganas, matanya besar seperti menyihir, lidahnya merah menyala menjulur keluar, menggeliat. Lalu dia melihat Chu!
Seperti anak panah meluncur dari busur, dia menyergap lurus ke arahnya! Chu tak dapat bergerak.
Dia terlalu takut bahkan untuk bersuara. Kemudian, sewaktu dia seperti akan binasa.....keempat anjingnya datang bagai terbang ke arah ular tersebut. Mereka meloncat, tak takut pada monster yang mengerikan itu, menggonggong dan menyalak sambil menyerang dari 4 sisi. Keributan itu mengundang para tetangga. Tak ada yang berani mendekati, tetapi mereka semua bersorak untuk keempat anjing  yang berani itu dari kejauhan.
Dengan amat cepat, 2 ekor anjing telah menggigit leher dekat kepala, sehingga ular itu tak bisa menggigit mereka. Darah memancar dan sesaat kemudian, python besar itu mati.
Anjing-anjing itu memeriksanya sebentar, mengendus dengan hati-hati. Lalu dengan sikap merendahkan, mereka mengorek tanah dan melemparkan ke atas bangkai ular tersebut dan datang ke arah Chu dengan lidah terjulur ke luar, sambil menggoyang-goyangkan ekor mereka.
Semua tetangga bertepuk tangan ketika Chu Ping berjongkok menepuk anjing-anjingnya. Mereka menjilati lengan dan wajahnya.
"Siapa berkata 4 ekor anjing sekali lahir tidak beruntung?" Chu Ping bertanya pada anjing-anjingnya.
"Tak terpikir olehku ketika aku menyelamatkan kalian, suatu hari kalian juga akan menyelamatkan nyawaku!"

Moral Cerita
Kita tak pernah tahu, kapan dan apakah bencana atau keberuntungan yang akan datang berikutnya?  Tapi menyelamatkan nyawa makhluk lain berarti telah menanam benih karma baik, yang suatu saat akan berbuah.

Menyelamatkan kehidupan, berarti menyelamatkan nyawa sendiri.

No comments:

Post a Comment

please leave your comment...^^

Popular Posts