Pages

Saturday, March 10, 2012

Tidak Mampu tetapi Berhasil

Y.A Maha Bhiksu Dutavira Sthavira (Suhu Benny)

Pada suatu hari raja hutan mengumumkan agar penghuni hutan menghadiri pesta ulang tahunnya yang ke-8. Seekor kura-kura ingin menghadiri pesta tersebut. Ia berjalan menuju ke tempat pesta. Dalam perjalanan ia bertemu dengan seekor kijang. Sambil berlari kencang kijang bertanya, “Kura hendak kemana dan mengapa tergesa-gesa menuju puncak gunung?” Kura menjawab “Aku ingin menghadiri pesta raja kita.” Kijang mengejek, “Ha, kau hendak ke sana? Pesta sudah selesai kau pasti belum sampai.”
Kura terus berjalan dan bertemu dengan seekor kuda, yang bertanya, “Hai, kura mau kemana?” Kura menjawab, “Aku ingin menghadiri pesta raja hutan.” Kuda pun tertawa, “Kau ingin hadir, kau belum sampai pesta sudah usai.” Kura tetap berjalan dengan semangat, akhirnya ia sampai di pesta ulang tahun raja hutan yang ke-9.
Setiap manusia harus mempunyai tujuan hidup. Manusia lahir tidak untuk menderita dan tidak hanya menunggu ajal saja. Ia harus yakin bahwa ia bisa hidup bebas dari penderitaan mencapai kebahagiaan. Buddha memberitahukan Tuhan itu adil dan kuasa :
  1. Manusia kaya atau miskin, pintar atau bodoh pasti akan meninggal dunia. Tertawa bukan monopoli orang kaya. Hidup ini ada kuasa Tuhan yang disebut Hukum Karma. Tiada seorang pun dapat menghindar dari Hukum Karma. Akibat dari perbuatan buruk tentu menderita. Oleh karena itu, berbuat baik, bertobat dan beribadah, akan mendapat berkah.
  2. Orang yang rajin, mau bertanya, berusaha untuk mengerti, ia akan lebih pandai daripada orang yang tidak berusaha. Orang yang dilahirkan kurang mampu, tapi tahu tujuan hidupnya, bagaikan kura-kura yang akan menghadiri pesta raja hutan, meskipun dihina, diejek, ia tetap tekun dan yakin suatu saat ia akan berhasil, hanya beda waktunya saja.
  3. Orang yang belum berusaha maksimal, jangan memvonis diri dengan mengatakan tidak mampu.

Demikianlah teman se-Dharma, orang harus tahu tujuan hidupnya, giat beribadah, belajar, bertanya, mengintrospeksi diri, mencari solusi terbaik dan tekun berjuang. Orang yang demikian meskipun lambat pasti ia akan berhasil. Orang yang tahu tujuan hidupnya, tapi tidak mau tekun mewujudkan, selalu mengharapkan orang lain dan menyalahkan lingkungan, orang seperti ini akan kehilangan kesempatannya dan tidak sukses. Omitofo.
Sumber : Pencerahan Batin oleh Y.A Maha Bhiksu Dutavira Sthavira (Suhu Benny).

No comments:

Post a Comment

please leave your comment...^^

Popular Posts