Pages

Monday, July 4, 2016

Jalan-jalan yuk ke Belitung - Day 1

Pulau Belitung.... yang terlintas dibenak gw pertama kali tentang Belitung adalah Laskar Pelanginya. Keinginan gw buat holiday ke Belitung juga disebabkan oleh novel Best Seller karya Andrea Hirata. Terlebih lagi setelah browsing tentang pesona pulau Laskar Pelangi ini. Akhirnya hasrat gw tercapai setelah giat menabung dan mendapat restu orang tua buat holiday di Rock Island ini bareng temen-temen kampus. Di post kali ini bakal gw pamerin pesona Pulau Belitung yang EMEIJING BINGITS!

Jalan-jalan yuk ke Belitung - Day 1

Danau Kaolin

Kalau menumpang pesawat yang terbang di pagi hingga sore hari, akan tampak danau kaolin dari ketinggian seperti lubang-lubang putih berisi air. Pemandangan yang cukup membuat mata gatal ini ternyata adalah bukti kejayaan penambangan timah dan kaolin yang dulu pernah menghidupkan Pulau Belitung dengan terang benderang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Tanjung Pandan dan Bandara H.A.S Hanandjoeddin.



Kota Gantung

Kota Gantung atau dalam Bahasa lokal Belitung sering disebut Kota Gantong terdapat di Kabupaten Belitung Timur. Perjalanan yang ditempuh dari kota Tanjung Pandam kurang lebih 2 jam-an. Kota Gantung sekilas terlihat biasa saja. Namun, siapa sangka bahwa di kota inilah lahir seorang maestro sastra yang membangkitkan Belitung hingga dikenal melalui karya-karya novelnya yang Best Seller. Laskar Pelangi, salah satu novelnya banyak menceritakan kota ini hingga diangkat ke layar perak sehingga menyisakan replica SD Muhammadiyah yang pernah menjadi lokasi syuting di kota ini yang sekarang menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila sudah menginjakan kaki di bumi melayu belitong ini.

SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Tempat Parkir wisata SD Laskar Pelangi

Laskar Pelangi Masa Kini :p


Museum Kata Andrea Hirata - Museum Literatur Pertama di Indonesia

Penuh warna....itulah yang akan terlintas saat pertama kali melihat museum ini dari luar. Luarnya aja dah berwarna gini, gimana di dalam ya? Yupsss! Kece banget dah ni museum. Di museum ini kita bakal sibuk ber-selfie ria karna ada banyak spot unik dan keren buat berfoto. Pas gw kesini masih ada renovasi dan pelebaran museumnya. Dan bikin makin penasaran gmana jadinya nanti karena yang gini aja dah keren. Pasti bakal lebih keren lagi kalau sudah kelar renovasinya. For more information : http://www.museumkataandreahirata.com/






Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu
Dream for God will embrace your dreams
-Andrea Hirata-
Bendungan PICE


Artis hongkong :D


Kota Manggar, kota 1001 warung kopi

Ibukotanya Belitung Timur, kampungnya Pak Ahok, kota 1001 warung kopi, itulah istilah yang kerap disematkan pada kota ini. Kopinya punya ciri khas tersendiri. Terkenalnya Kopi O Belitong, namun karena gw tidak terlalu suka kopi item yang pekat, gw pesan aja kesukaan gw yakni kopi susu panas.
Kopi Susu Panas yang belum diaduk
Kopi Susu Panas yang sudah diaduk



Pantai Serdang, banyak terdapat perahu nelayan khas Belitung (Kater)

Pasir putihnya halus, banyak banget Katernya, pohon pinus berjejer seperti pagar alami, inilah pantainya Manggar.

Bukit Samak A1

Masih di Manggar, Bukit Samak banyak terdapat pendopo untuk sekedar nongkrong ataupun bersantai menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Konon, Bukit Samak adalah kawasan elit bagi orang Belanda yang merupakan eksekutif perusahaan tambang timah di kota Manggar. Bangun vila disitu keren juga kali yak... view-nya laut men!
Waduh, gerimis mennnn

Klenteng Buddhayana "Dewi Kwan Im", klenteng tertua yang dibangun sejak tahun 1772 dan diresmikan pada tahun 1987.

Vihara yang letaknya dekat dengan pantai Burong Mandi ini berdiri kokoh di bukit menghadap ke laut. Altar utamanya langsung menghadap ke laut menambah khusuk umat yang bersembahyang. Di Vihara ini juga popular ciam si (salah satu cara bertanya kepada Dewa dengan cara mengocok gelas berukuran sedang yang berisi kumpulan potongan bambu).

Pantai Burung Mandi

Banyak perahu nelayan (Kater), ombaknya ramah, walau pasirnya tak sehalus pasir di pantai Serdang, dan sering dijumpai pelangi.


bersambung ke Day 2

No comments:

Post a Comment

please leave your comment...^^

Popular Posts